Waw, Dianggarkan Rp.100 Juta BUMDES Sait Buttu Saribu TA. 2019 Disoal

Foto : Rumah usaha roti kipas

OposisiNews-Simalungun

Usaha rumah produksi snack yang direalisasikan kepala desa sait buttu saribu, kecamatan pematang sidamanik, kabupaten simalungun kepada badan usaha milik desa (BUMDES) tahun anggaran (TA) 2019 kembali disoal oleh warga setempat. Pasalnya anggaran yang direalisasikan untuk usaha roti kipas sebesar ± Rp 100 Juta diduga banyak masuk kantong pangulu. Lain lagi dengan hasil dari usaha tersebut, yang hingga saat ini belum juga tahu kemana peruntukannya.

Hal ini berdasarkan hasil penelusuran awak media ini di lapangan. Bahkan Bumdes yang mempunyai struktur Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB) diduga pula hanya dimanfaatkan sebagai pelengkap administrasi.

“Bumdes ini memang baru berjalan tahun ini (2020,red), tapi dana Rp.100 juta itu kita tidak tahu kemana peruntukannya,” sebut salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya, Jumat (06/03/2020).

Ditambahkannya lagi, penempatan ketua bumdes itu sendiri, diangkat langsung oleh pangulu. “Menurut informasi ketuanya diangkat oleh pangulu tanpa ada rapat, lalu untuk modal awal pembuatan kue kipas itu katanya sebesar Rp. 20 juta, lantas kemana sisa uang seratus juta itu,” tanyanya.

Bagaimana mau menjalankan dengan maksimal, sambung sumber ini jika struktur bumdesnya saja tidak berperan, sedangkan dana yang ada tidak sesuai dengan perencanaan di SPJ. “Ditahun sebelumnya dianggarkan seratus juta,ditahun ini pun katanya kembali dianggarkan seratus juta, jika hal itu terjadi maka kami akan melaporkan hal ini ke inspektorat simalungun,” ungkapnya.

Sebelum menutup pembicaraan dia sangat berharap agar uang bumdes tersebut jangan dikelola oleh pangulu, dan dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya. “Selain dana Rp.100 juta yang kami soalkan ini, rumah pabrik roti kipas itu pun jauh dari kata layak, bagaimana tidak lihatlah dingdingnya saja papan, kemudian para pekerjanya juga belum dilengkapi dengan jaminan keselamatan kerja, padahal pabrik tersebut menggunakan api untuk mengelolahnya,” pungkasnya

Sementara itu untuk berimbangan berita, kru media ini pun mencoba untuk mengkonfirmasi Pangulu Sait Buttu Saribu, H Ngatio ke ruang kerjanya. Namun belum berhasil dimintai komentarnya, menurut keterangan perangkat nagorinya pimpinannya sedang rapat MTQ di tobasari. (KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *