Rawan Pungli dan Timbulkan Keresahan, Pedagang di Sukadame Harus di Tertibkan

Oposisi-news.id/P.siantar—Kawasan Sub Terminal Agribisnis(STA) Sukadame yang terletak di Kelurahan sukadame Kecamatan Siantar Utara, akhir-akhir ini menjadi sorotan masyarakat,pasalnya selain kerap menimbulkan kemacetan aktivitas pungli di lokasi STA Sukadame tersebut pun berpotensi menimbulkan kerugian Negara dan keresahan terhadap pedagang.

Sepri Ijon Maujana Saragih SH MH, ketika dikonfirmasi pada hari senin (12/5/2020) terkait adanya dugaan pungli yang meresahkan sejumlah pelaku usaha di lokasi tersebut,menjelaskan bahwa benar berdasarkan amatan mereka saat ini masih saja terjadi praktek pungli yang merugikan para pelaku usaha yang hendak melakukan aktivitas jual-beli di lokasi STA tersebut.

Menurut Sepri Ijon,maraknya pungli tersebut diakibatkan karena kurangnya penegakan hukum sehingga para pelaku pungli bebas melakukan aksi nya, padahal dalam pasal 368 ayat (1) KUHP jelas termaktub bahwa segala bentuk pungutan liar tidak dibenarkan.

Mengantisipasi kerugian yang lebih besar Sepri Ijon Maujana SH MH dan Laurensius D Sidauruk SH selaku tim kuasa hukum PD PAUS menjelaskan bahwa pihaknya selaku Tim kuasa hukum PD PAUS Pematangsiantar sudah melakukan Himbauan dan peringatan terhadap para pedagang dan oknum-oknum yang melakukan pungutan tanpa sepengetahuan dari Dirut PD PAUS Pematangsiantar, guna mengantisipasi kerugian yang cukup besar dan mengantisipasi ketidaknyamanan para pelaku usaha di lokasi STA tersebut.

“Kita sudah sampaikan Himbauan dan peringatan terhadap pedagang dan oknum-oknum pelaku pungli melalui spanduk dan selebaran”,ujar Sepri ijon.

Masih menurut Sepri Ijon Maujana SH MH,bahwa himbauan yang mereka sampaikan bukan hanya sekedar pungli tetapi juga agar para pedagang tidak melakukan aktivitas jual-beli di jalan umum karena jelas melanggar undang-undang Nomor 38 tahun 2004 Pasal 63 tentang jalan, dimana setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan,ujar Sepri.

Ia juga berharap agar pedagang mengindahkan himbauan tersebut dengan melakukan aktivitas jual beli ditempat yang telah disediakan oleh PD PAUS demi terciptanya kenyamanan dan keamanan ditengah-tengah masyarakat.(Ops/Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *