Pupuk Subsidi Langka di Simalungun Petani Menjerit.

Foto : Jen Cokra Sipayung SE (Kiri) dan Kepala Dinas Pertanian Simalungun Ruslan Sitepu (Kanan)

OposisiNews-Simalungun

Pupuk subsidi di Kabupaten Simalungun terkhusus di Wilayah Kecamatan Purba mengalami kelangkaan hal tersebut diperoleh berdasarkan informasi dari beberapa petani di Kecamatan Purba yang hendak membeli pupuk subsidi di sejumlah kios di Kecamatan Purba.

Jen Cokra Sipayung SE,selaku ketua Forum Petani Simalungun ketika dimintai tanggapan nya terkait kelangkaan pupuk tersebut mengatakan bahwa kelangkaan ini merupakan bentuk kegagalan pemerintah dalam menciptakan petani yang sejahtera dan mandiri.

Masih Menurut Jen,seharus nya pemerintah melalui Dinas Pertanian melakukan pengawasan terhadap sejumlah Produsen,distributor hingga kios agar proses penyaluran pupuk subsidi berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga kelangkaan-kelangkaaan seperti ini tidak terjadi secara berulang-ulang yang kemudian menimbulkan kerugian terhadap petani.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Simalungun Ruslan Sitepu ketika di konfirmasi via seluler pada hari jumat (13/03/2020) mengatakan bahwa kelangkaan pupuk disimalungun terjadi diakibatkan karena jumlah permintaan bantuan pupuk subsidi yang diajukan oleh pihak Dinas Pertanian Simalungun tidak sesuai dengan yang di realisasikan.

Kelangkaan pupuk subsidi karena yang kita ajukan sesuai RDKK tidak sesuai dengan yang di berikan bang,untuk tahun lalu kita ajukan 100 ribu ton lebih nah tahun ini cuma 59 ribu ton yang di penuhi itu yang membuat terjadi kelangkaan pupuk subsidi, ujar Ruslan Sitepu mengahiri.(Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *