Pungli di SMA Negeri, Diduga Atas Perintah Dari Kacabdis pendidikan.

Oposisi-news.id/P.Siantar— Adanya pungutan terhadap para guru-guru di sekolah SMA Negeri di kota pematangsiantar membuat Puluhan Guru di SMA Negeri merasa resah, terlebih di tengah wabah Covid-19 ini.

pasalnya pemerintah sudah mengintruksikan bahwa tidak diperbolehkan melakukan kutifan atau pungutan dalam bentuk apapun juga di sekolah.

Berdasarkan informasi dari beberapa guru mengatakan bahwa pungli (Pungutan Liar) tersebut dengan modus pengurusan biaya sertifikasi, RS salah seorang guru di salah satu SMA Negeri di Siantar menjelaskan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengurusan sertifikasi tersebut fasilitasnya sudah ada disekolah,seperti wifi, alat untuk Scan berkas, serta operator sekolah sudah di sediakan dan di fasilitasi oleh Negara.

Menanggapi hal tersebut salah seorang pemerhati publik, James Pandiangan saat dimintai komentarnya minggu(26/04/2020)
Mengatakan bahwa adanya kutipan terhadap guru tentu ini berdasarkan intruksi pimpinan makanya bisa sampai ke sekolah masing-masing, kalau tingkat SMA dan SMK tentu pimpinanya kepala cabang dinaslah.

“saya menduga ini semua berdasarkan intruksi kepala cabang dinas pendidikan siantar-simalungun Darwin Purba,Ssos,Msi terhadap kepala sekolah sehingga hal itu bisa terjadi, karena tidak mungkin kepala sekolah berani melakukan kutipan kalau tidak ada perintah dari kepala cabang dinasnya”

Baca juga!!!

tentu hal ini harus segera di selidiki, jika nanti hal itu terbukti kepala cabang dinas itu harus bertanggung jawab, karena akhir-akhir ini kita sering melihat banyaknya persoalan di sekolah SMA/SMK Negeri disiantar, mulai dari adanya dugaan suap, adanya pengelolaan dana bos yang tidak sesuai, dan masih banyak lagi, namun pihak kepala cabang dinas terkesan tidak mau tau dan cuek, terangnya.

Terpisah kepala cabang dinas pendidikan wilayah siantar simalungun Darwin Purba,Ssos,Msi ketika dikonfirmasi terkait adanya pungutan liar di SMA/SMK Negeri disiantar sabtu,(25/04/2020) Tidak menjawab pesan yang dikirimkan dan ia memilih bungkam meski pesan terlihat terkirim.(Ops/Tim)

Baca juga!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *