Politik Beli Suara di Pilkada Simalungun Mulai Berjalan

Oposisi-news.id/Simalungun– Adanya di media sosial Facebook yang menyatakan bahwa ada tim sukses dari salah satu bakal pasangan calon Bupati Simalungun yang mendatangi rumah-rumah warga bertujuan mengumpulkan fotokopi kartu keluarga dengan bayaran sebesar Rp 10 ribu dan nantinya pada 9 Desember 2020 diberi lagi Rp 100 ribu.

Pengakuan warga ini terlihat di unggahan salah satu grup Facebook, Selasa (25/8/2020), dengan menggunakan bahasa Simalungun.

“Dong sonari TS ni RHS roh hurumah” Manjalao KK sada KK 10.000, bulan 12 nini ibere 100 rb jadi husuruh mulak on sonaha do maksutni on sahabat WD?. (Ada sekarang TS-nya RHS datang ke rumah-rumah meminta KK. Satu KK 10.000, bulan 12 katanya diberi 100 ribu jadi kusuruh pulang, ini bagaimanaya maksutnya ini sahabat WD?),” demikian isi unggahan itu.

Muncul kemudian komentar para netizen atas unggahan itu. Salah satunya pemilik akun MP. Dia komentar: “Ihuta namipe domma mardalan sisonon” (Di kampung kami juga sudah berjalan yang begitu),” tulisnya.

Ada juga komentar dari akun atas nama Evan Sinaga: “Akan di usut secara bertahap yah ketua kalau itu betul”.

Radiapo Hasiholan sinaga saat di konfirmasi Rabu,26/08/2020 terkait adanya dugaan salah satu Tim suksesnya yang mendatangi rumah-rumah masyarakat guna mengumpulkan KK dengan harga Rp. 10 Rb dan bulan desember akan diberi lagi Rp.100 Rb Namun Radiapo sinaga menjawab dengan Kalimat sedikit tidak nyambung, ” dimana kau? Kamu sayang tidak dengan RHS, kalau kau sayang kau luruskanlah berita itu, nanti kalau kau mau kerja sama dengan RHS kau luruskanlah berita itu” ucap RHS lewat sambungan telponya .

Namun Crismes Haloho salah satu tim sukses RHS saat dikonfirmasi tim media ini Rabu,26/08/2020 terkait hal ini, Crismes menyatakan bahwa undang-undang Pilkada sudah mengatur seluruh tahapan Pemilihan Bupati, Terkait issu itu, RHS Center tidak pernah merencanakan dan menyuruh Tim dan Relawan RHS untuk berbuat yang bertentangan dengan Undang Undang Pilkada dan Peraturan lainnya, ujar crismes membalas pertanyaan tim media ini. (Ops/Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *