Petani Mengeluh, Pengecer Pupuk Subsidi Diduga Jual Pupuk Keluar Daerah

Foto : Gudang pupuk yang diduga menjual keluar daerah.

Oposisinews-Simalungun

Dugaan permainan pengecer pupuk bersubsidi UD Saur yang berlokasi di simpang sintanauli akhirnya mulai terkuak. Warga di Desa Parsaoran, Nagori Dolok Tomuan, Kecamatan Dolok Panribuan mengeluhkan terkait soal permainan kotor yang diduga dilakukan pengecer pupuk tersebut. Menurut keterangan yang didapat kru media ini dari beberapa kelompok petani di lokasi tersebut, menuding pengecer menjual pupuk ke luar nagori hingga ke nagori simpang kawat.

“Pupuk bersubsidi yang menjadi hak kami kian, kini justru sudah diperjual belikan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Para mafia pupuk ini pun bahkan tak pernah tersentuh hukum. Oleh karena itu dalam waktu dekat ini kita akan melaporkan praktek kotor mereka ke aparat penegak hukum, ” sebut warga AS, Kamis (26/3/2020) sekira jam 11.30 wib.

Dia mengaku adanya praktek penjualan pupuk bersubsidi ke luar nagori tersebut adalah diduga akal-akalan oleh oknum pengecer. “Informasi ini kami dapat setelah kami mencoba untuk mengambil jatah pupuk kami, didalam daftar penerima pupuk untuk kelompok tani kami ini, jelas kelompok tani kami ada mendapatkan pupuk bersubsudi. Akan tetapi ketika kami tagih, katanya pupuk tidak ada, chek demi chek ternyata beredar informasi bahwa pupuk tersebut sudah di over/jual ke kios lain, ” ujarnya.

Kepada kru media ini, dia mengaku dugaan permainan dari pengecer itu, sudah berlangsung lama akan tetapi belum juga ada yang melaporkan. “Kami meminta agar pengecer tersebut ditindak tegas. Karena jika terus dibiarkan, kami petani yang dirugikan. Saat tanaman padi mau dipupuk, justru barangnya tidak ada. Karena apa, pupuk itu sudah dijual,” tukasnya mengakhiri.

Sementara itu untuk perimbangan berita, kru media ini pun mencoba untuk menghubungi pemilik kios UD Saur tersebut sekira jam 11.30 wib, namun pemilik kios yang belum juga berhasil dimintai komentarnya hingga berita ini dikirimkan keredaksi. (Ops/KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *