Pengelolaan Parkir Disimalungun Amburadul, Kinerja Kadishub Perlu Dievaluasi

Foto : Roni Butar Buta (Kadishub Simalungun)

OposisiNews-Simalungun

Merosotnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dinas perhubungan (Dishub) selama tahun 2018 dan 2019 yang diduga karena lebih banyak masuk ke kantong pribadi ketimbang keuangan daerah, disarankan kepada sekretaris daerah (Sekda) agar segera mengevaluasi kinerja kepala dinas perhubungan (Kadishub) simalungun.

Hal itu, disampaikan oleh salah seorang sumber marga saragih, ketika dijumpai dipematang raya, Rabu (04/03/2020) sekira jam 12.00 wib. Kepada kru media ini, dia bercerita selama dua tahun ini PAD dishub simalungun selalu tidak capai target, bahkan ditahun 2020 ini PAD Dishub juga diduga dikwatirkan akan merosot setalah pengujian kendaraan tidak berfungsi lagi hingga saat ini.

“Disinilah yang saya sampaikan kemarin, sudah sejauh mana kinerja para petugas dishub maupun kadisnya dalam mengatasi PAD ini,”katanya. 

Yang jadi pertanyaan sambung sumber ini, hingga saat ini kemanakah setoran yang terjadi di empat kecamatan terluas disimalungun ini. “Menurut informasi yang saya dapat untuk satu wilayah saja retribusi pertahunnya dapat ratusan juta, jika sudah begini Kadishublah yang perlu dievaluasi,” ucapnya.

Tidak hanya itu saja, lanjut sumber ini PAD hasil dari pengujian kendaraan bermotor atau uji berkala selama dua tahun belakangan ini juga diduga tidak tercapai target. Bahkan, justru mengalami penurunan.

“Iya, kita juga menemukan informasi bahwa PAD dari retribusi pengujian kendaraan bermotor dikelola dinas Perhubungan juga mengalami penurunan dan tak sesuai dengan target, ” paparnya.

Ditambahkannya lagi, Penurunan PAD dari retribusi dua sektor berbeda yakni tepi jalan umum dan pengujian kendaraan bermotor ini masuk dalam kategori kebocoran. Yang berpotensi terjadinya dugaan korupsi di balik pengelolaan yang dilakukan oleh dinas Perhubungan.

“Kita meragukan dan menduga, kebocoran itu akibat adanya terjadi tindak korupsi, ” ceritanya. Sebelum menutup pembicaraan dia pun menegaskan sebaiknya Bupati Simalungun, JR Saragih dapat segera melakukan evaluasi terhadap kinerja Dishub Simalungun. Khususnya, bagi para petugas yang bertugas di pengujian kendaraan bermotor dan pengelola perparkiran.

“Bupati sudah sepantasnya mengevaluasi kinerja dinas Perhubungan Simalungun ini,” tutupnya. 

Untuk perimbangan berita, kru media ini pun mencoba untuk menyambangi ruangan Kadishub Simalungun Roni Butar-butar di Pematang Raya sekira jam 14.00 wib belum berhasil ditemui. Menurut keterangan pegawai di kantor tersebut pimpinannya sedang berada diluar. (Ops/KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *