Pemprov Sulsel Bantu Pembangunan Ibu Kota Baru, Siapkan Alat Berat

Pemprov Sulsel Bantu Pembangunan Ibu Kota Baru, Siapkan Alat Berat

Makassar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) siap mendukung pembangunan Ibu Kota RI yang baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyebut lokasi Sulsel paling strategis dengan lokasi Ibu Kota Baru.

“Sulsel yang paling besar tanggungjawabnya (dengan pindahnya ibu kota), karena sejarah mencatat Sulsel itu dari dulu menjadi penyanggah pangan Kalimantan Timur, timur paling dekat,” kata Nurdin di kediamannya, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Jumat (18/10/2019).

Baca juga: Pemerintah Diminta Siapkan Penanganan Lingkungan di Ibu Kota Baru

Nurdin mengatakan Pemerintah Pusat dalam 3 tahun ke depan sudah mulai membangun infrastruktur ibu kota baru. Untuk itu Sulsel sebagai wilayah terdekat akan menyiapkan material hingga sumber daya manusia.

“Kita harus persiapkan sekarang ini dari alat berat, konsultan, ini kan (Kaltim) yang dekat dari kita. Dibutuhkan pasti akan banyak, ‘Sulsel punya ini nggak?’ Punya. Punya tenaga ahli punya, punya semen, punya apa,” imbuhnya.

Selain menyiapkan bahan material hingga SDM, dikatakan Nurdin, Sulsel juga harus bersiap menjadi pemasok pangan ke Ibu Kota yang baru.

Baca juga: Tetap Siaga, Prajurit TNI Bersih-bersih Usai Rusuh di Pelabuhan Penajam

“Sulsel punya peran menyiapkan pangan. Makanya sangat strategis sekali. Nah ini bisa kita wujudkan kalau kita semua berkolaborasi, kita bikin zona pengembangan,” paparnya.

“Makanya saya ingin mengajak seluruh kepala daerah kita persiapkan diri menyongsong kepindahan ibu kota baru karena nanti limpahannya itu bukan hanya pariwisata yang datang ke sini, tetapi investasi juga akan banyak masuk ke Sulsel. Karena dipindahkan ibu kota,” lanjutnya.
(nvl/dhn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *