Ketua DPRD Simalungun Kelola Parkir, Sepri Ijon SH MH : Langgar UU MD3

Foto : Sepri Ijon Maujana Saragih SH, MH

OposisiNews-Simalungun

Adanya rencana Organda Simalungun yang diketuai oleh Ketua DPRD Simalungun mendapatkan tanggapan dari salah satu Pemerhati Hukum di Siantar-Simalungun

Sepri Ijon Maujana SH MH ketika dimintai tanggapan nya pada hari jumat (6/3/2020), Mengatakan bahwa secara aturan dan dalam hal tertentu pengelolaan perparkiran memang dapat dilakukan kerjasama dengan instansi, Badan hukum dan/atau perorangan termasuk Organda.

Namun hubungan kerjasama pengelolaan parkir tersebut harus dilakukan secara terang dan transparan. Tujuannya agar apa yg diharapkan dalam rangka meningkatkan PAD di Kab.Simalungun dapat diketahui oleh masyarakat sebagai objek perparkiran tersebut.

Terkait dengan Timbul Jaya Sibarani yg saat ini menjabat sebagai ketua DPRD Simalungun dan juga ketua Organda yg akan bekerjasama mengeloka parkir bersama2 dengan Dishub Simalungun, sebaiknya ditinjau kembali. UU No.17/2014 tentang MD3 dinyatakan bahwa ketua/anggota DPRD dilarang merangkap jabatan dalam pekerjaan lain yg ada hubungannya dengan wewenang, tugas dan hak sebagai anggota DPRD. Kurang etis rasanya jika ketua DPRD dalam Tupoksi nya sebagai controlling namun harus terlibat kerjasama pengelolaan parkir bersama Pemda Kab.Simalungun yang seyogiyanya harus mendapat pengawasan dari DPRD itu sendiri. Kita khawatir akan terjadi conflict interest didalamnya.

Sementara Rony Butar-butar selaku Kadishub Simalungun ketika dimintai tanggapan nya membenarkan bahwa memang benar ada rencana kerja sama antara Organda Simalungun dengan Dishub ia mengatakan bahwa sejauh ini sedang di bahas oleh bagian Hukum,ketika ditanyakan bagaimana bentuk kerjasama nya ia mengatakan bahwa untuk kegiatan ini tidak di kontrakan melainkan hanya kerjasama kemudian mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan penyesuaian agar tidak berbenturan dengan aturan yang berlaku.(Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *