Dugaan Korupsi Marak di Siantar, LTP Desak Kejari dan Polres Siantar Usut Tuntas

Foto : LTP Saat Menyerahkan Laporan Tambahan Kepada Kejaksaan Dan Polres Pematangsiantar

OposisiNews-Pematangsiantar

Maraknya dugaan korupsi di beberapa instansi di pemko siantar membuat lembaga Transformasi Fublik (LTP) mendesak kejari siantar dan polres siantar utuk segera memproses beberapa laporan mereka.

Desakan itu LTP lakukan lewat aksi demonstrasi kekantor kejaksaan Negeri siantar dan kepolres siantar Rabu, 12/02/2020, sekitar jam 11.00 Wib, puluhan massa LTP datang dengan membawa beberapa spanduk dan poster yang bertuliskan desakan Tangkap dan adili Koruptor.

Dalam peryataan sikapnya, LTP menjelaskan bahwa ada tiga instansi yang mereka laporkan kepada pihak kejaksaan dan polres siantar diantaranya kepala Dinas Perhubungan Esron sinaga ,kepala dinas pendidikan siantar Edy noah saragih, dan Dirut PDAM tirtauli.

Kordinator aksi Johannes sembiring saat di wawancarai media ini dilokasi aksi, menjelaskan bahwa ada dugaan korupsi di dinas Perhubungan siantar pada pengadaan traffik light TA 2017 dan 2019, dugaan korupsi Dirut PDAM TIRTAULI pada kegiatan program hibah air minum untuk masyarakat berpenghasilan rendah tahun anggaran 2019 dan dugaan gratifikasi ,pungli dan pelanggaran ketentuan perundang-undangan oleh kepala dinas pendidikan.

Salah satu pengurus LTP Anthony damanik juga menambahkan bahwa ada yang paling tidak wajar yang dilakukan oleh dinas pendidikan siantar.

“ada 4orang kepala sekolah smp tidak ikut testing dan tidak memiliki sertifikat justru itu yang diangkat jadi kepala sekolah dan 2 orang kepala sekolah smp yang dinyatakan belum layak dan tidak memiliki sertifikat justru diangkat juga jadi kepsek, tapi yang lulus tes justru tak diangkat jadi kepala sekolah inikan sangat tidak wajar sehingga kuat dugaan kita ada praktik suap dan gratifikasi”

Terpisah kasipidsus kejaksaan negeri siantar Dostom hutabarat s
berjanji akan segera mengusut semua laporan-laporan LTP, hal yang sama juga dikatakan oleh kabag ops polres siantar, Biston s Saat menerima massa LTP, Biston mengatakan bahwa polres siantar sangat mengapresiasi kepedulian LTP terhadap dugaan korupsi di siantar dan pihaknya juga berjanji untuk segera memproses laporan LTP.

Setelah mendengar tanggapan dari pihak polres massa LTP membubarkan diri dengan tertip dan mengigatkan supaya pihak polresta untuk segera mungkin mengusut semua laporan mereka.(Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *