Daniel Pasaribu SH : Ketua Partai Yang Punya Otak Ya Mencalon lah

OposisiNews – Pematangsiantar

Terkait Ucapan ketua DPRD Kota Pematangsiantar Timbul M Lingga yang mengatakan “yang punya otak ya memilih lah” mendapat tanggapan dari salah satu praktisi hukum di Jakarta.

Mantan Ketua Umum PERMAHI, Daniel Pasaribu SH, ketika di konfirmasi sabtu (19/9/2020) mengatakan Perihal polemik ujaran ketua DPRD Pematangsiantar yang mengatakan “Orang yang punya otak ya memilihlah.” Bagi saya yang memandang beliau sebagai pribadi tidak jadi masalah, karna substansi dari yang beliau sampaikan saya sependapat.

Idealnya itu, masyarakat yang punya hak pilih harus memilih, terlepas dari dia mau memilih calon tunggal atau kolom kosong. Itu sama saja dengan ucapan, “Ketua Partai yang punya otak ya mencalonlah.”

Idealnya, Ketua Partai mencalonkan diri menjadi Kepala Daerah untuk tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi, atau Kepala Negara di tingkat Pusat.

“Mungkin jadi rame karena beliau Ketua DPRD ya, jadi terkesan kurang etis,”

Menurut Daniel, memang dalam regulasi yang mengatur kode etik sudah ditegaskan bahwa anggota DPRD harus selalu menjaga harkat, martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas dalam melaksanakan fungsi, tugas, dan wewenangnya serta dalam menjalankan kebebasannya menggunakan hak
berekspresi, beragama, berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan
pikiran dengan lisan dan tulisan.

Daniel menyarankan agar kedepan ketua DPRD apabila beliau mau berekspresi harus menjaga lisannya.(Ops/Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *